Etiket aturan sopan santun pergaulan.
Mengabaikan sopan santun menimbulkan perselisihan / kesalahfahaman. Etiket
merupakan sarana / alat kelancaran pergaulan & membantu mencapai cita kita
“A knowledge of etiquette helps us to do & say the right thing at the right time. It makes no difference how wealthy / how poor a person’s, as a human being, he / she’s entiled to symphaty & respect.”Lady Troubridge, “The Book of Etiquette”
Perbedaan Etiket & Etika:
Etiket: berarti tata cara pergaulan yang baik antara sesame manusia. Berasal dari B Perancis: EtiquetteEtika: berarti falsafah moral & merupakan pedoman cara hidup yang benar dilihat sudut budaya, susila & agama.
Dasar Etiket:
“A knowledge of etiquette helps us to do & say the right thing at the right time. It makes no difference how wealthy / how poor a person’s, as a human being, he / she’s entiled to symphaty & respect.”Lady Troubridge, “The Book of Etiquette”
Perbedaan Etiket & Etika:
Etiket: berarti tata cara pergaulan yang baik antara sesame manusia. Berasal dari B Perancis: EtiquetteEtika: berarti falsafah moral & merupakan pedoman cara hidup yang benar dilihat sudut budaya, susila & agama.
Dasar Etiket:
- Sopan & Ramah kepada siapa saja
- Memberi perhatian kepada orang
- Ingin membantu
- Memiliki rasa toleransi
- Menguasai diri, mengendalikan emosi dalam situasi
Manfaat Etiket dalam kehidupan manusia:
1. Membuat disegani, dihormati, disenangi orang
2. Mendapat kemudahan hubungan dengan orang better human relation
3. Memberi keyakinan diri setiap situasi
4. Memelihara suasana yang baik di lingkungan keluarga, tempat kerja, & antara teman
Berhasil dalam kehidupan kita perlu memiliki:
1. Self Confidence
2. Self Control
3. Body Language
4. First Impression
Cara Memupuk Kepercayaan Diri:
1. Membaca pengetahuan umum
2. Mengikuti berita yang actual
3. Memperdalam pengetahuan di bidang kita
4. Tidak segan bertanya apa bila tidak / kurang mengerti
5. Terbuka menerima kritik membangun
6. Memperhatikan saran penampilan
7. Berdiskusi menguji pendapat kita diterima / tidak
8. Bergaul dengan berbagai lapisan masyarakat
9. Melatih diri beberapa macam keterampilan
10. Mempelajari bahasa lain asing, daerah digunakan aktif / pasif apa bila diperlukan
Ciri Orang yang Menghayati Tata Krama yang Baik:
- Memiliki rasa PD waktu menghadapi masyarakat tingkat mana pun
- Tingkah laku & ucapannya mencerminkan perhatian kepada orang
- Sopan, ramah, menunjukkan sikap yang menyenangkan kepada siapa saja
- Menguasai diri, berusaha tidak menyinggung perasaan orang, menyakiti / mengganggu fikiran orang
- Usahakan tidak membuat kecewa, gusar membuat marah orang, walau pun diri baru / sedang keadaan sedih, kesal, lelah / jenuh
Perbedaan etiket timur & barat
Dasar peraturan etiket adat istiadat / tradisi daerah & Negara tertentu, yang berbeda & bertentangan, seperti misalnya:
- Cara bersalaman
- Cara menatap mata sewaktu berjabatan tangan
- Saat member sambutan
- Saat menerima menggunakan tangan kanan
Tata Cara Berkenalan
- Memperkenalkan orang mengucapkan namanya
- Memberikan informasi orang yang diperkenalkan
- Personal contact:
- Cara berjabat tangan 3 – 4
- Melihat mata ybs
- Senyum
- Tubuh ke depan
- Apa bila tidak terdengar nama, boleh bertanya
- Yang muda diperkenalkan kepada yang tua
- Umumnya pria diperkenalkan kepada wanita
- Wanita diperkenalkan kepada pria, apa bila pria itu orang penting yang dihormati, seperti: Kepala Negara, Menteri, Gubernur, DUBES Negara asing, Ulama / Tokoh agama, / pria lebih tua dari wanita 20 tahun
Berdiri dari Tempat Duduk:
- Wanita tidak berdiri waktu perkenalan, kecuali menghadapi orang yang dihormati
- Tn & Ny rumah berdiri menyambut tamu
- Apa bila tamu pulang, Tn & Ny rumah berdiri & mengantar tamu di pintu
Khusus Pria:
- Berdiri dari tempat duduk:
- Berjabat tangan dengan pria & wanita
- Wanita masuk ruangan
- Wanita mendekati, saat ia duduk
- Wanita yang duduk di sampingnya berdiri & meninggalkan tempat
Pembicaraan bukan mengetahui yang dikatakan, melainkan yang tidak dikatakan
Communication Field:
1. Facial Expression
2. Body Position
3. Good Clear Voice
4. Choise of Word
5. Ways of using the eyes
Hal yang Diperlukan untuk Berbicara:
- Rasa PD yang kuat
- Keluwesan pergaulan
- Mempunyai persepsi yang tepat terhadap keadaan lingkungan & individu yang terlibat interaksi tsb
- Menguasai situasi
- Mengetahui hasil yang diharapkan interaksi
Hal yang dihindarkan dalam percakapan:
- Memotong pembicaraan orang
- Memonopoli pembicaraan / percakapan
- Membual diri
- Membicarakan hal yang menimbulkan pertentangan
- Pembicaraan penyakit, kematian
- Menanyakan harga barang orang
- Menanyakan masalah yang sifatnya pribadi
- Gosip / Berita yang belum tentu kebenarannya
Etiket Bisnis
Orang menyadari penghayatan tata karma lingkungan kantor / tempat usaha penting, kareba bertujuan:
- Memelihara suasana yang menyenangkan
- Menimbulkan rasa menghargai
- Meningkatkan efisiensi kerja
- Meningkatkan citra pribadi & citra perusahaan
Karyawan & Karyawati yang professional memperhatikan:
1. Penampilan pribadi yang rapi & bersih busana, sepatu, wajah, rambut, kuku
- Berpakaian rapi
- Ketuk pintu sebelum masuk
- Ucapkan salam
- Tunggu atasan / pejabat mengulurkan tangan
- Tunggu dipersilahkan duduk
- Bicara dengan suara yang jelas, tidak terlalu keras tidak terlalu lembut
- Bicara seperlunya
- Mengakhiri pembicaraan mengucapkan terima kasih
- Atasan tidak mengulurkan tangan, kita membungkukkan badan
Cara menerima tamu di kantor:
- Apa bila perjanjian, tepat waktu & ke luar kantor memberitahukan & minta maaf apa bila terlambat
- Apa bila tamu masuk Anda berdiri, senyum & bersalaman
- Pegawai lain di kantor, Anda perkenalkan selamat dating “Welcome”
- Kontak pribadi small talk sebelum berbicara bisnis. Perlu / Tidak Anda yang menentukan berdasarkan intuisi
- Usahakanlah tidak menerima telepon apa bila menerima tamu, kecuali terlalu penting & minta maaf
- Layani dengan sopan, ramah & bersikap membantu
- Antar tamu sampai pintu, apa bila penting untuk bisnis sampai lift