Tata Krama Pergaulan

Etiket aturan sopan santun pergaulan. Mengabaikan sopan santun menimbulkan perselisihan / kesalahfahaman. Etiket merupakan sarana / alat kelancaran pergaulan & membantu mencapai cita kita
“A knowledge of etiquette helps us to do & say the right thing at the right time. It makes no difference how wealthy / how poor a person’s, as a human being, he / she’s entiled to symphaty & respect.”Lady Troubridge, “The Book of Etiquette”

Perbedaan Etiket & Etika:

Etiket: berarti tata cara pergaulan yang baik antara sesame manusia. Berasal dari B Perancis: EtiquetteEtika: berarti falsafah moral & merupakan pedoman cara hidup yang benar dilihat sudut budaya, susila & agama.

Dasar Etiket:

  • Sopan & Ramah kepada siapa saja
  • Memberi perhatian kepada orang
  • Ingin membantu
  • Memiliki rasa toleransi
  • Menguasai diri, mengendalikan emosi dalam situasi
Tujuan Etiket: “Berusaha menyenangkan orang”

Manfaat Etiket dalam kehidupan manusia:
1.      Membuat disegani, dihormati, disenangi orang
2.      Mendapat kemudahan hubungan dengan orang better human relation
3.      Memberi keyakinan diri setiap situasi
4.      Memelihara suasana yang baik di lingkungan keluarga, tempat kerja, & antara teman

Berhasil dalam kehidupan kita perlu memiliki:
1.      Self Confidence
2.      Self Control
3.      Body Language
4.      First Impression

Cara Memupuk Kepercayaan Diri:
1.      Membaca pengetahuan umum
2.      Mengikuti berita yang actual
3.      Memperdalam pengetahuan di bidang kita
4.      Tidak segan bertanya apa bila tidak / kurang mengerti
5.      Terbuka menerima kritik membangun
6.      Memperhatikan saran penampilan
7.       Berdiskusi menguji pendapat kita diterima / tidak
8.      Bergaul dengan berbagai lapisan masyarakat
9.      Melatih diri beberapa macam keterampilan
10.  Mempelajari bahasa lain asing, daerah digunakan aktif / pasif apa bila diperlukan

Ciri Orang yang Menghayati Tata Krama yang Baik:

  • Memiliki rasa PD waktu menghadapi masyarakat tingkat mana pun
  • Tingkah laku & ucapannya mencerminkan perhatian kepada orang
  • Sopan, ramah, menunjukkan sikap yang menyenangkan kepada siapa saja
  • Menguasai diri, berusaha tidak menyinggung perasaan orang, menyakiti / mengganggu fikiran orang
  • Usahakan tidak membuat kecewa, gusar   membuat marah orang, walau pun diri baru / sedang keadaan sedih, kesal, lelah / jenuh

Perbedaan etiket timur & barat
Dasar peraturan etiket adat istiadat / tradisi daerah & Negara tertentu, yang berbeda & bertentangan, seperti misalnya:

  • Cara bersalaman
  • Cara menatap mata sewaktu berjabatan tangan
  • Saat member sambutan
  • Saat menerima menggunakan tangan kanan
Selain mengetahui etiket bangsa sendiri, sebaiknya mengetahui etiket bangsa lain. Hal itu melancarkan komunikasi & kemampuan kita menyesuaikan diri kepada lingkungan tempat kita berada

Tata Cara Berkenalan

  • Memperkenalkan orang mengucapkan namanya
  • Memberikan informasi orang yang diperkenalkan
  • Personal contact:
  • Cara berjabat tangan 3 – 4
  • Melihat mata ybs
  • Senyum
  • Tubuh ke depan
  • Apa bila tidak terdengar nama, boleh bertanya
Perkenalan:

  • Yang muda diperkenalkan kepada yang tua
  • Umumnya pria diperkenalkan kepada wanita
  • Wanita diperkenalkan kepada pria, apa bila pria itu orang penting yang dihormati, seperti: Kepala Negara, Menteri, Gubernur, DUBES Negara asing, Ulama / Tokoh agama, / pria lebih tua dari wanita 20 tahun

Berdiri dari Tempat Duduk:

  • Wanita tidak berdiri waktu perkenalan, kecuali menghadapi orang yang dihormati
  • Tn & Ny rumah berdiri menyambut tamu
  • Apa bila tamu pulang, Tn & Ny rumah berdiri & mengantar tamu di pintu

Khusus Pria:

  • Berdiri dari tempat duduk:
  • Berjabat tangan dengan pria & wanita
  • Wanita masuk ruangan
  • Wanita mendekati, saat ia duduk
  • Wanita yang duduk di sampingnya berdiri & meninggalkan tempat
Etiket Percakapan Conversation 
Pembicaraan bukan mengetahui yang dikatakan, melainkan yang tidak dikatakan

Communication Field:
1.      Facial Expression
2.      Body Position
3.      Good Clear Voice
4.      Choise of Word
5.      Ways of using the eyes

Hal yang Diperlukan untuk Berbicara:

  • Rasa PD yang kuat
  • Keluwesan pergaulan
  • Mempunyai persepsi yang tepat terhadap keadaan lingkungan & individu yang terlibat interaksi tsb
  • Menguasai situasi
  • Mengetahui hasil yang diharapkan interaksi



Hal yang dihindarkan dalam percakapan:
  • Memotong pembicaraan orang
  • Memonopoli pembicaraan / percakapan
  • Membual diri
  • Membicarakan hal yang menimbulkan pertentangan
  • Pembicaraan penyakit, kematian
  • Menanyakan harga barang orang
  • Menanyakan masalah yang sifatnya pribadi
  • Gosip / Berita yang belum tentu kebenarannya


Etiket Bisnis
Orang menyadari penghayatan tata karma lingkungan kantor / tempat usaha penting, kareba bertujuan:
  • Memelihara suasana yang menyenangkan
  • Menimbulkan rasa menghargai
  • Meningkatkan efisiensi kerja
  • Meningkatkan citra pribadi & citra perusahaan
 Etiket / Tata cara pergaulan merupakan sarana memperoleh kemajuan & sukses dunia bisnis. Etiket berguna mempermudah kelancaran pelaksanaan kegiatan bisnis. Menciptakan suasana yang menyenangkan di lingkungan kerja, & membantu berhasilnya urusan bisnis lancer & efisien

Karyawan & Karyawati yang professional memperhatikan:
1.      Penampilan pribadi yang rapi & bersih busana, sepatu, wajah, rambut, kuku
2.      Pengendalian sikap tubuh
3.      Pengendalian suara
4.      Menggunakan bahasa yang baik lisan mau pun tertulis
5.      Memelihara suasana yang formal
6.      Menepati janji
7.      Menepati waktu

Menghadap Atasan / Pejabat:
  • Berpakaian rapi
  • Ketuk pintu sebelum masuk
  • Ucapkan salam
  • Tunggu atasan / pejabat mengulurkan tangan
  • Tunggu dipersilahkan duduk
  • Bicara dengan suara yang jelas, tidak terlalu keras tidak terlalu lembut
  • Bicara seperlunya
  • Mengakhiri pembicaraan mengucapkan terima kasih
  • Atasan tidak mengulurkan tangan, kita membungkukkan badan


Cara menerima tamu di kantor:
  • Apa bila perjanjian, tepat waktu & ke luar kantor memberitahukan & minta maaf apa bila terlambat
  • Apa bila tamu masuk Anda berdiri, senyum & bersalaman
  • Pegawai lain di kantor, Anda perkenalkan selamat dating “Welcome”
  • Kontak pribadi small talk sebelum berbicara bisnis. Perlu / Tidak Anda yang menentukan berdasarkan intuisi
  • Usahakanlah tidak menerima telepon apa bila menerima tamu, kecuali terlalu penting & minta maaf
  • Layani dengan sopan, ramah & bersikap membantu
  • Antar tamu sampai pintu, apa bila penting untuk bisnis sampai lift

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »