1. Pengertian
Kegiatan komunikasi menjadi kegiatan kita, antar teman / pribadi, kelompok, organisasi / massa. Banyak kegagalan komunikasi yang kita lakukan. Bentuknya karena tujuan yang kita inginkan belum tercapai, misalnya tercapainya kesefahaman, bertambahnya informasi, perubahan sikap teman / orang
2. Komunikasi
Kegiatan komunikasi prinsipnya aktivitas pertukaran ide / gagasan. Secara sederhana, kegiatan komunikasi difahami kegiatan penyampaian & penerimaan pesan / ide 1 fihak ke fihak lain, tujuan mencapai kesamaan pandangan ide yang dipertukarkan tsb
Elemen yang terdapat dalam komunikasi:
- Komunikator: Orang yang menyampaikan pesan
- Pesan: Ide / Informasi yang disampaikan
- Media: Sarana komunikasi
- Komunikan: Audience, fihak yang menerima pesan
- Umpan Balik: Respon komunikan terhadap pesan yang diterimanya
Kehidupan ada yang menyampaikan pesan / ide; yang menerima / mendengarkan pesan; pesan itu; media & tentu respon berupa tanggapan terhadap pesan. Secara ideal, tujuan komunikasi menghasilkan kesepakatan bersama terhadap ide / pesan yang disampaikan
3. Fungsi Komunikasi
- Membangun Konsep Diri Establishing Self Concept
- Existensi Diri Self Existence
- Kelangsungan Hidup Live Continuity
- Memperoleh Kebahagiaan Obtaining Happiness
- Terhindar Tekanan & Ketegangan Free from Pressure & Stress
4. Hal yang diperhatikan dalam berkomunikasi
Makhluk social komunikasi merupakan hal yang dekat kita. Apa komunikasi itu? Komunikasi kita artikan berbagi fikiran, informasi & intelijen. Bentuk aktivitas yang dilakukan dengan tujuan menyampaikan pesannya pada orang merupakan tujuan komunikasi. Pesan yang kita maksudkan tsb tidak sesuai penangkapan lawan bicara kita, terjadilah mis komunikasi. Komunikasi yang efektif membutuhkan kejernihan pesan, kelengkapan pesan, expresi wajah, kontak mata, postur tubuh, & penampilan fisik external. Di era modern ini Nampak “tolol” melihat seseorang berusaha menciptakan kesadaran komunikasi. Di antara kita member perhatian hal ini kenyataannya komunikasi ini berlangsung, tak peduli Anda, Anda tidak bias berkomunikasi tak seorang pun mendengarkan Anda. Komunikasi merupakan asset tambahan kepribadian Anda. Bagaimana membangun komunikasi efektif tsb, berikut beberapa hal yang jadi pertimbangan dikembangkan:
- Kontak Mata
Hal I yang dilakukan pembicara yang baik menatap lawan bicara & mengambil jeda memulai pembicaraan. Ini merupakan cara yang membantu menciptakan kesan baik lawan bicara. Usahakan mempertahankan kontak mata sepanjang poembicaraan, lawan bicara Anda tak merasa diabaikan.
- Expresi Wajah
Wajah merupakan cermin kepribadian individual. Expresi wajah mengungkapkan fikiran yang melintas pada diri. Sebagai contoh: senyum mengungkapkan keramahtamahan & kasih saying; Mengangkat alis mata menunjukkan expresi heran; Mengernyitkan dahi menyampaikan ketakutan & kegelisahan. Emosi & Berbagai macam tingkah manusia diexpresikan emosi yang berbeda yang tergambar di wajah. Saat melakukan komunikasi tunjukkan expresi Anda tertarik bahan pembicaraan
- Postur Tubuh
Gerak gerik tubuh saat berbicara dikoordinasikan kekuatan meyakinkan Anda. Mereka tambahan cara efektif yang ditangkap visual dp verbal
Sebagai contoh: menundukkan kepada menunjukkan penyelesaian pernyataan; mengangkat kepala menunjukkan akhir pertanyaan; Terlalu menggerakkan bagian tubuh mengungkapkan bergegas / kebingungan. Untuk itu perhatikan gerak gerik Anda saat melakukan komunikasi dengan lawan bicara
- Selera Berbusana
Busana memiliki tugas menimbulkan kesan. Orang yang berbusana sesuai struktur tubuh mereka menarik. Penampilan fisik & busana yang dikenakan membuat dampak proses komunikasi. Kita berbusana & di antara kita tak terlalu memperhatikan, hal ini memiliki peran efektif. Kita memperhatikan cara berbusana, hal itu memperbaiki kemampuan komunikasi kita
5. Tips membangun komunikasi yang efektif
Komunikasi efektif Anda perhitungkan membangun karir Anda. Komunikasi yang baik tentunya mendukung aktivitas kerja yang kita lakukan. Apa lagi pekerjaan kita melibatkan berbagai bentuk presentasi, rapat, lobi, penyuluhan. Bidang pekerjaan komunikasi presenter & sejenisnya ditentukan cara kita berkomunikasi menyampaikan. Faktor yang membuat yang kita sampaikan menjadi berkualitas. Kesiapan mental, penguasaan bahan, kelengkapan sarana pendukung serta hal lainnya. Ada kalanya Anda merasa “nervous” mengungkapkan sesuatu Anda kehilangan PD pembicaraan berputar. Berikut tips dasar berkomunikasi:
a. Gunakan kalimat seefektif mungkin
Uraikan isi pembicaraan dengan kalimat efektif & mengena sasaran. Hindari mengungkapkan informasi yang kurang relevan, seperti, “Tadi sebelum menuju tempat ini saya bertemu family saya di tempat…” Biasanya lawan bicara Anda tidak peduli informasi yang tidak berhubungan topic pembicaraan. Hindari penggunaan idiom bahasa yang kurang / tidak dimengerti calon pendengar Anda
b. Jangan mengungkapkan pengulangan ide / pokok bahasan
Anda mengungkapkan ide, pada bos / dalam rapat, ketahui apakah ide tsb sudah diungkapkan yang lain. Jika sudah, lebih baik Anda tidak usah mengungkapkannya. Orang tidak tertarik mendengarkan pengulangan ide. Presentasi analisa, usahakan tidak terjadi pengulangan kalimat yang merupakan teori / kesimpulan. Aturlah urutan penyampaian focus saat menyampaikannya
c. Jangan berbicara terlalu lambat
Tutur kata yang terlalu pelan & lamban membuat lawan bicara Anda bosan & tidak sabar. Gaya bicara Anda yang terlalu pelan mengesankan Anda ragu & tidak PD. Karena itu bicaralah dengan nada yang optimis & PD
Yang kita ingat, bukan berarti Anda berbicara cepat tanpa ritme
Anda menentukan ritme bicara, di mana berbicara & di mana berhenti. Ritme yang tepat berkomunikasi tentunya didapat Anda melakukan latihan / pengalaman orasi yang cukup
d. Hindari gumaman yang terlalu sering
Gumamam yang terlalu sering mengganggu pembicaraan Anda. Lawan bicara Anda merasa lelah menunggu pembicaraan Anda selesai. Minimalkan / Hilangkan gumamam “ehmmm…, eee…, ooo…” Hal ini mengurangi respek calon pendengar Anda, Anda dinilai tidak menguasai materi pembicaraan
e. Hindari humor yang tidak perlu
Melontarkan humor sah menyegarkan suasana. Namun, Anda membaca suasana Anda mengungkapkan humor. Apakah lawan bicara Anda terpancing tertawa / tertawa terpaksa. / Menunjukkan wajah yang terganggu humor Anda. Lawan bicara Anda tidak tertarik humor Anda, teruskan pembicaraan. Jangan memaksa lawan bicara menertawakan humor Anda yang gagal
Mempelajari & Melakukan tips di atas, Anda berkomunikasi efektif melatih diri Anda menjadi pribadi yang efektif. Ingat keefektifan diperlukan menyelesaikan pekerjaan
6. Tips Komunikasi yang Efektif
Komunikasi pemecah masalah ketika kita mengalami konflik, konflik internal mau pun external, komunikasi membawa kita pada perubahan yang baik, komunikator yang baik membentuk opini public, menggerakkan massa, mengendalikan situasi & mengexekusi gagasan menjadi realita. Komunikator yang baik disegani lawan mau pun kawan, komunikator yang baik diperhitungkan berbagai tatanan, wartawan tulisannya sama berbahayanya ketukan palu hakim, demonstrasi buruh, ultimatum penjahat.
Komunikasi yang baik melahirkan beberapa penulis yang luar biasa, komunikasi yang baik melahirkan pembicara besar, masalah kehidupan manusia berakar masalah komunikasi, ketidaksanggupan menerima kekurangan orang, ketidaksanggupan menerima hal buruk orang, ketidaksanggupan menerima kekurangan diri. Mengubah hidup kita memperbaiki komunikasi kita
Bagaimana cara komunikasi yang baik? Berikut tips cara berkomunikasi yang baik:
a. Kenali konsep diri Anda
b. Kenali kelebihan & kekurangan Anda
c. Tetapkan tujuan komunikasi
d. Gali manfaat komunikasi yang terjadi
e. Buat draft pembicaraan
f. Kuasai topic pembicaraan
g. Hargai perbedaan pendapat
h. Menahan diri menguasai pembicaraan
i. Pertahankan kontak mata
j. Empati terhadap SIKON klien
k. Atur & Managemen nafas
l. Kontrol postur tubuh
m. Gunakan bahasa non verbal
n. Gunakan bahasa yang dimengerti
o. Cerahkan perbincangan dengan humor
Beberapa tips & trik di atas membantu Anda memperbaiki cara berkomunikasi, bagus komunikasi Anda kehidupan Anda berubah menjadi baik, baik kualitas Anda kebahagiaan menjadi milik Anda