Lab 2.2 Membuat Server Repository Local (Konfigurasi Client)


Repository adalah suatu kumpulan dari berbagai macam aplikasi atau program untuk sebuah sistem operasi linux atau ringkasnya adalah suatu paket aplikasi dalam distribusi Linux.

Repository juga dapat diartikan sebagai paket-paket khusus untuk sebuah program sistem operasi yang selanjutnya paket tersebut di install sehingga memperoleh kinerja yang lebih baik dari sebuah sistem operasi.

Ketika kita sudah buat repository local pada server. Sekarang kita lakukan konfigurasi pada client. Lihat post Lab 2.1 Membuat Repository Local(Centos 7) untuk melihat konfigurasi pada Server.

1. Pertama, buat file repository baru localrepo.repo di folder /etc/yum.repos.d/. Tambahkan script dibawah ini. Buat alamat ftp server repo gunakan Ip server. 

2. Kemudian lakukan backup repo agar tidak terkoneksi langsung ke internet. Masuk dulu ke cd /etc/yum.repos.d. Perintah cd berguna untuk masuk ke direktori.

3. Gunakan perintah mv. Perintah mv berguna untuk memindahkan file.

4. Lakukan clean semua yum cache dan update repository list.

5. Lakukan perintah yum update.

6. Setelah itu lakukan instalasi sebuah packages dari client misal install nano maka source yang diambil akan melalui server local repository yang kita buat. Untuk install nano lakukan perintah yum install nano sampai complete.

7. Setelah itu coba kita buka nano nya dengan perintah nano.



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »