Lab 9.10 Konfigurasi Mod Proxy Apache2 (Ubuntu 16.04)


Selamat gelap, terang, jingga semuanyaaa! Selamat datang di 3G! Go Getol Gan! Emang bener hidup kita itu kudu getol gan, makannya kita kudu rajin dan semangat buat nyelesain semuanye, ini nih bakal saya tunjukin tutorial yang insyaallah bermanfaat buat kalian semua.

Kali ini saya akan memberikan cara bagaimana jika terdapat 2 buah server, sedangkan server nya terdiri dari server control dan juga server backend. Server backend ini yang akan menjadi tampilan dari sebuah server control. Pada server control nya, server control yang akan mengarahkan server backend. Berikut ini konfigurasinya.

Topologi yang saya gunakan.
  •  KONFIGURASI SERVER CONTROL
 1. Cek konfigurasi modul proxy_http.
a2enmod proxy proxy_http

2. Sekarang tambahkan script baru untuk mengarahkan ke server backend dan mengaktifkan mod proxy nya. Buat file, namanya terserah asalkan belakangnya .conf, karena yang diaktifkan cuma yang .conf.
nano /etc/apache2/mods-enabled/proxy.conf

3. Lakukan restart apache2.
systemctl restart apache2

4. Tambahkan sebuah nama baru untuk web server backend.
nano /etc/bind/db.adimas.net(file.domain)
  • KONFIGURASI SERVER BACKEND
1. Di dalam server backend, terlebih dahulu install paket apache2 nya, dan tambahkan firewall untuk http agar dapat diakses. Untuk mengubah tampilan web server backend, edit file .html.
nano /var/www/html/index.html
  •  PENGUJIAN
1. Untuk pengujian nya, di client buka browser dan akses web nya, dan ketika kita akses web nya akan mengarah ke server backend nya.

Selesai juga kan konfigurasi nya, terima kasih sudah mengunjungi blog ini. Sampai jumpa lagi! GoGetolGan!!!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »