Instalasi Server Core(Windows Server 2012) dan Merubah Server Core ke GUI, GUI ke Core



Windows Server 2012 merupakan sistem operasi terbaru yang dirilis oleh Microsoft setelah Windows Server 2008 dan Windows Server 2012. Seperti halnya Windows Server 2008 R2, Windows Server 2012 hanya diproduksi dalam arsitektur 64-bit.

Windows Server 2012 terdiri dari 4 edisi, yaitu Windows Server 2012 Foundation, Windows Server 2012 Essential, Windows Server 2012 Standard dan Windows Server 2012 Datacenter. Perbedaan antara satu edisi dengan edisi lainnya terletak pada lisensi, fitur dan harga.

Salah satu kelebihan Windows Server 2012 dengan Windows Server versi sebelumnya adalah, anda dapat berpindah/switching dari Server Core ke GUI dan sebaliknya, dimana pada Windows Server versi sebelumnya anda harus menginstall ulang server jika ingin melakukan hal tersebut.

Spesifikasi Install Windows Server Core:
  1. 1 Core Processor
  2. 2 GB RAM
  3. HDD minimal 80 GB
  4. Super VGA (800 x 600) atau lebih tinggi

Oke jangan lupa siapkan virtual box.



INSTALL SERVER CORE


Pertama pilih bahasa, waktu, keyboard sesuai kebutuhan pengguna. Jika sudah klik Next.

Kemudian pilih Install Now untuk memulai instalasi windows server core


Kemudian pilih Standard Evaluation(Server Core Installation) jika ingin menginstall server core. Kemudian klik Next.

Selanjutnya centang " I Accept the Lincense Terms" untuk mengaktifkan licensi yang diberikan oleh Microsoft.

Kemudian memilih tipe instalasi yang digunakan, pilih Custom.

Kemudian menentukan letak windows yang akan diinstall.. Klik New untuk membuat drive baru.

Atur berapa ukuran untuk membuat drive baru nya. Jika sudah klik Apply.

Kemudian kita format semua drive yang digunakan.

Kemudian klik Next untuk melanjutkan instalasi.

Tunggu proses installasi nya.



Kemudian masukan password Administrator. Password menggunakan kombinasi huruf besar dan kecil, angka, dan simbol agar terjamin keamanan nya.

Proses Install sudah selesai dan ini lah tampilan nya.






MERUBAH SERVER CORE KE GUI


Pertama, buat dahulu folder mountdir di drive C dengan perintah "mkdir c:\mountdir". Dan pastikan folder mountdir sudah dibuat. Setelah dibuat kita masuk ke direktori C:\ dengan perintah "cd C:\".

Selanjutnya mencari no index masing masing server core menjadi GUI. Dengan perintah "Dism /get-wiminfo /wimfile:D:\install.wim

Kemudian pilih index 2 untuk mengubah server core menjadi GUI, dengan perintah "Dism /mount-wim /WimFile:D:\sources\install.wim /Index:2 /MountDir:C:\mountdir /readonly. Dan tunggu proses mount sampai selesai.


Kemudian ketik perintah "powershell" pada prompt. PowerShell merupakan sebuah command line interface atau CLI yang dikembangkan oleh Microsoft. 

Selanjutkan perintah "Install-WindowsFeature Server-Gui-Mgmt-Infra,Server-Gui-Shell -Restart -Source C:\mountdir\windows\winsxs

Dan ini lah tampilan dari server GUI.




MERUBAH SERVER GUI KE CORE


Pertama buka server manager, klik Manage dan Pilih Remove Roles and Features.

Klik Next untuk lanjut ke Server Roles.

Kemudian klik Next.

Klik Next.

Kemudian hilangkan centang User Interfaces and Infrastructure dengan double klik. Dan jangan sampai hilangkan centang Windows PowerShell.

Kemudian klik Remove Features.

Ini adalah merupakan menu dari Windows PowerShell, jangan klik remove. Jika dihilangkan maka pada saat ke Core jika ingin mengetik perintah powershell tidak akan berjalan/tidak bisa.

Jika centang dalam User Interfaces and Infrastructure telah hilang. Klik Next.

Kemudian beri tanda dalam Restart the destination...... Dan jika diminta untuk restart klik Yes.

 Masukan password Administrator dengan kombinasi password huruf besar kecil, angka dan simbol.

Dan ini lah tampilan dari server core.




Kesimpulan:

Windows Server menyediakan 2 tampilan yaitu berbasis text dan gambar, dimana terdapat 4 pilihan install, diantaranya:

1. Windows 2012 Standard Core, versi Core pengguna lebih berinteraksi melalui text terminal. Pada versi Core, pengguna menjalankan perintah dan program dengan mengetikkan baris baris tertentu.

2. Windows 2012 Standard GUI, versi GUI pengguna lebih berinteraksi melalui gambar-gambar grafik, ikon, menu, dan menggunakan perangkat penunjuk (pointing device). Windows Server 2012 versi GUI dari segi tampilannya jelas lebih bagus daripada versi Core.

3. Windows 2012 Data Center Core, versi data center khusus digunakan untuk server/datacenter. Data Center Core tampilan nya sama seperti Standard Core yaitu berupa text dimana menjalankan perintahnya dengan mengetikkan perintah tertentu.

4. Windows 2012 Data Center GUI, versi data center khusus digunakan untuk server/datacenter. Data Center GUI tampilan nya sama seperti Standard GUI yaitu berupa gambar gambar dengan grafik, ikon, dan tampilannya lebih jelas dari Core.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »