Komunikasi Dalam Jaringan



A. Komunikasi Dalam Jaringan


1. Pengertian Komunikasi
      Komunikasi adalah proses penyampaian pikiran atau perasaan oleh seseorang kepada orang lain dengan menggunakan lambang lambang yang bermakna bagi kedua pihak, dalam situasi tertentu komunikasi menggunakan media tertentu untuk mengubah sikap atau tingkah laku seorang atau sejumlah orang sehingga ada efek tertentu yang diharapkan(Effendy, 2000 : 13)

      Komunikasi adalah proses pemindahan pengertian dalam bentuk gagasan, informasi, dari seseorang ke orang lain (Handoko, 2002 : 30)

      Lewat pentransferan makna, informasi dan gagasan dapat dihantarkan. Tetapi komunikasi bukan hanya sekedar menanamkan makna tetapi juga harus dapat dipahami. Beberapa fungsi dari komunikasi antara lain sebagai berikut:

  • Sebagai informasi, komunikasi membantu proses penyampaian informasi yang diperlukan individu dan kelompok untuk mengambil keputusan dengan meneruskan data dan menilai pilihan pilihan alternatif.
  • Sebagai kendali, komunikasi bertindak untuk mengendalikan perilaku anggota dalam beberapa cara, setiap organisasi mempunyai wewenang dan garis panduan formal yang harus dipatuhi oleh karyawan.
  • Sebagai motivasi, komunikasi membantu perkembangan motivasi dengan menjelaskan kepada para karyawan apa yang harus dilakukan bagaimana mereka bekerja baik dan apa yang dapat dikerjakan untuk memperbaiki kinerja jika itu dibawah standar.
  • Sebagi pengungkapan emosinal, bagi sebagian komunitas, mereka memerlukan interaksi sosial, komunikasi yang terjadi didalam komunitas itu merupakan cara anggota untuk menunjukan kekecewaan dan rasa puas. Oleh karena itu, komunikasi menyiarkan ungkapan emosional dari perasaan dan sebagai alat untuk memenuhi kebutuhan sosial.

2. Jenis Komunikasi
      Kita mengenal 2 jenis atau kategori komunikasi:

  • Komunikasi lisan atau verbal, yaitu komunikasi menggunakan kata kata, baik hal itu diucapkan, maupun ditulis.
  • Komunikasi nirkata atau nonverbal, yaitu komunikasi menggunakan bahasa tubuh, bahasa gerak atau gerak isyarat(gesture), atau gambar.

3. Pengertian Komunikasi Dalam Jaringan
      Istilah komunikasi dalam jaringan mengacu pada membaca, menulis, dan berkomunikasi melalui / menggunakan jaringan komputer. Dengan kata lain, komunikasi dalam jaringan adalah cara berkomunikasi dimana penyampaian dan penerimaan pesan dilakukan dengan atau melalui jaringan internet. Komunikasi yang terjadi, didunia semu tersebut lazim disebut komunikasi di dunia maya atau cyberspace.
      Komunikasi daring memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan komunikasi konvensional, antara lain sebagai berikut:
  • Dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja.
  • Efisiensi biaya.
  • Efisiensi waktu.
  • Terintegrasi dengan layanan TIK lainnya.
  • Meningkatkan intensitas berkomunikasi.
  • Meningkatkan partisipasi,
      Kelemahan komunikasi daring antara lain sebagai berikut:
  • Tidak mewakili emosi pengguna.
  • Memerlukan perangkat khusus,
  • Terlalu banyak informasi tidak penting.
  • Menyita konsentrasi.

4. Jenis Komunikasi Dalam Jaringan
      Penggunaan jenis komunikasi terdapat 2 jenis, antara lain:
  • Komunikasi daring sinkron (Serempak)
            Komunikasi daring sinkron adalah  komunikasi menggunakan komputer sebagai media, yang terjadi secara serempak, waktu nyata (real time). Contoh nya sebagai berikut:
            1. Text chat, adalah sebuah fitur, aplikasi, atau program dalam jaringan internet untuk berkomunikasi dan bersosialisasi langsung sesama pemakai internet yang sedang daring.

            2. Video chat, merupakan teknologi untuk melakukan interaksi audio dan video secara real time antara pengguna dilokasi yang berbeda. contoh nya seperti dalam Skype, face time, Line video call.

  • Komunikasi daring asinkron (tak serempak)
           Komunikasi daring asinkron adalah komunikasi menggunakan perangkat komputer dan dilakukan secara tunda. Contohnya adalah e-mail, forum, rekaman simulasi visual.


5.  Komponen Pendukung Komunikasi Daring

      Terdapat beberapa komponen yang harus tersedia sebelum melakukan komunikasi, antara lain:
  • Komponen perangkat keras (Hardware)
            Perangkat yang bentuknya dapat dilihat atau pun diraba oleh manusia secara langsung atau berbentuk nyata. Contoh dari perangkat ini adalah komputer, headset, microphone, serta perangkat pendukung koneksi internet.
  • Komponen perangkat lunak (Software)
            Program komputer yang menjalankan suatu pekerjaan yang dikehendaki. Program diperlukan sebagai penjembatan antara perangkat akal (brainware) dan perangkat keras (hardware). Program yang biasa digunakan antara lain Skype, google+hangout, webconference, dll.
  • Komponen perangkat nalar atau akal (brainware)
            Termasuk dalam komponen ini adalah mereka (manusia) yang terlibat dalam penggunaan serta pengaturan perangkat lunak dan perangkat keras untuk melaksanakan komunikasi daring.



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »